4 Agt 2017

Kapan Waktu Tepat Melakukan Pemeriksaan Kesehatan?




Meskipun banyak masyarakat yang masih menganggap bahwa melakukan pemeriksaan kesehatan bukan hal yang penting, namun cukup banyak juga yang mulai menyadari pentingnya hal ini. Sayangnya mereka belum benar-benar memahami kapan waktu yang tepat menjalani pemeriksaan ini, sehingga membuat mereka bingung. Nah jika Anda adalah salah satu yang saat ini sedang mengalaminya, artikel ini akan memberikan informasi mengenai hal tersebut. Langsung saja disimak ya.

Saat masih muda
Banyak yang merasa bahwa hanya orang yang sudah berusia lanjut saja yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan atau MCU (medical check up). Anggapan ini tentu saja salah karena saat ini cukup banyak penyakit yang berkembang sejak seseorang masih muda. Buktinya? Anda bisa lihat sendiri saat berkunjung ke rumah sakit, ada berapa banyak pasien berusia muda yang menderita penyakit kritis. Ada beberapa diantaranya yang masih dapat segera disembuhkan karena penyakit tersebut diketahui sejak dini, sehingga dapat segera dilakukan tindakan pengobatan yang tepat. Namun banyak juga yang membutuhkan perawatan lebih karena pengobatan yang terlambat dilakukan.

Beberapa bulan sekali 
Untuk Anda yang sudah memasuki usia lanjut, MCU menjadi hal yang lebih penting lagi untuk dilakukan secara rutin. Alasannya karena semakin bertambah usia seseorang maka akan semakin besar juga kemungkinan seseorang menderita suatu penyakit. Ada yang menganjurkan untuk dilakukan MCU setidaknya sebulan sekali. Namun jika Anda merasa bahwa tubuh Anda sehat dan hasil MCU Anda sebelumnya cukup baik, maka Anda bisa memundurkan waktu MCU selanjutnya. Misalnya saja seperti3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Sesuaikan jenis MCU yang Anda ambil dengan kebutuhan Anda karena diluar dari pemeriksaan standar MCU juga bisa memeriksa yang lebih spesifik jika memang dibutuhkan.

Saat memasuki usia kerja
Ketika Anda mulai memasuki usia kerja, sebaiknya Anda melakukan MCU untuk mengetahui dengan persis bagaimana kondisi kesehatan Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa menghindari beberapa jenis pekerjaan yang berpotensi akan mempengaruhi kesehatan Anda. Sebab terkadang ada beberapa orang yang sensitif terhadap suatu hal tertentu. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share