8 Mei 2017

Amankah Wanita Menyetir Dalam Kondisi Hamil?




Bagi beberapa orang, mungkin juga termasuk kamu, menyetir adalah kegiatan yang menyenangkan. Bepergian dengan mobil yang sudah dilindungi asuransi mobil all risk, baik sendiri maupun bersama dengan teman, bisa membuat pikiran tenang. Meskipun mungkin, di jalan nanti akan bertemu dengan kemcetan, namun hal ini bukanlah masalah.

Sayangnya, hobi ini harus dihentikan sesaat ketika dokter menyatakan bahwa Anda hamil. Sebab, banyak orang yang bilang bahwa menyetir saat sedang hamil dapat membuat kandungan keguguran. Akan tetapi, apa benar begitu ya?

Menyetir Dalam Kondisi Hamil


Hmm, ternyata tidak begitu loh. Anda tetap boleh menyetir meskipun sedang hamil, sebab menurut situs babycenter, menyetir saat hamil tidak berpengaruh pada keguguran. Akan tetapi, bukan berarti tanpa risiko ya. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai menyetir saat hamil, diantaranya yaitu:

  • Pastikan bahwa kandungan dalam kondisi sehat

Sehat disini maksudnya, kandungan cukup kuat untuk kegiatan ini, dan juga Anda tidak mengalami masalah mual atau lelah yang berlebihan. Sebab, kedua masalah yang umum dialami oleh ibu hamil ini, dapat mengganggu konsentrasi saat menyetir dan tentunya berbahaya bagi Anda dan pengguna jalan lain.

  • Gunakan pakaian yang nyaman saat menyetir dan juga carilah posisi yang nyaman sebelum memulai perjalanan Anda

Jika Anda akan menempuh perjalanan yang panjang, maka aturlah waktu istirahat secara berkala. Sebab, duduk dalam waktu yang panjang bagi ibu hamil akan terasa sangat melelahkan.

  • Persiapkan camilan sehat dan air yang cukup selama perjalanan

Sebab, Anda akan cenderung lebih mudah lapar dan haus saat hamil. Dengan mempersiapkan kedua hal ini, akan membantu Anda tetap berkonsentrasi karena Anda tidak mengalami masalah dehidrasi ataupun kelaparan.

  • Jika kandungan Anda sudah cukup besar dan membuat ruang gerak terbatas, sebaiknya mulai berpikir untuk menghentikan kebiasaan menyetir Anda

Menyetir saat perut sudah cukup besar  berbahaya bagi kandungan Anda karena bisa tertekan oleh kemudi. Selain itu, bisa menghalangi pergerakan Anda dalam memutar stir, akibatnya akan membuat respon Anda dalam menghadapi kondisi darurat menjadi berkurang.

Hal lain yang harus diperhatikan yaitu, pastikan bahwa dokter kandungan Anda mengijinkan kegiatan ini. Dan juga, segera hentikan kebiasaan menyetir Anda jika mulai merasa ada yang tidak beres pada kandungan. (Vita)

0 comments:

Posting Komentar

Share