10 Jun 2014

Penyebab Alergi di Sekitar Kita




Alergi adalah sebuah respon yang dilakukan tubuh terhadap sesuatu zat tertentu. Pertahanan tubuh biasanya bereaksi terhadap zat - zat yang ditolak walaupun tidak berbahaya seperti serbuk bunga, bulu binatang, bahan makanan dan lainnya. Penolakan tubuh ini biasanya memiliki efek seperti gatal - gatal, bersin, penyakit pernafasan, pembengkakan bagian tubuh tertentu dan lainnya. Berikut ini beberapa penyebab alergi yang berada disekitar kita.

penyebab alergi

Serbuk sari
Serbuk sari yang berasal dari bunga dapat memicu alergi. Gejala seperti bersin - bersin, hidung meler, hidung tersumbat, gatal hingga mata terasa gatal dan berair. Alergi ini biasanya terjadi pada musim - musim tertentu dimana bunga mulai bermekaran.

Kutu Tungau
Tungau adalah mahluk mikrokopis yang biasanya hidup pada kasur, bantal, karpet bahkan boneka pada anak - anak. Tungau dapat berakibat gatal hingga infeksi pada kulit manusia hingga saluran pernapasan. Pencegahan yang dapat dilakukan selalu membersihkan tempat tidur, bantal serta peralatan lainnya yang dapat menjadi sarang tungau. Tungau tidak dapat hidup pada suhu yang tinggi / panas, oleh karena itu cara terbaik adalah dengan menjemur dibawah terik matahari.

Sengatan serangga
Sengatan serangga dapat berakibat fatal terhadap seseorang yang memiliki alergi terhadap sengatan. Gejala yang terjadi dapat berupa pembengkakan dan kemerahan akibat sengatan. Hal ini dapat berlangsung selama seminggu dengan keluhan mual, demam, kesulitan bernapas, pembengkakan di sekitar wajah, tenggorokan, atau mulut, gatal-gatal, pusing, hingga penurunan tekanan darah. Apabila hal ini terjadi diperlukan suntikan anti alergi untuk meredakannya.

Jamur
Jenis Jamur tertentu dapat menjadi penyebab alergi. Jamur sendiri tumbuh ditempat yang lembab, dimana tempat seperti kamar mandi, gudang dapat menjadi tempat berkembangnya jamur. Ventilasi dan sirkulasi udara yang baik dapat mencegah kelembapan pada ruangan.

Makanan
Makanan seperti susu, telur, makanan laut, kacang - kacangan adalah salah satu makanan yang paling umum dapat menyebabkan alergi pada seseorang. Gejala yang terjadi dapat berupa gatal - gatal, sesak napas, muntah, diare, hingga pembengkakan pada daerah mulut. Ketahui dan hindari makanan yang dapat resiko membuat alergi.

Itulah beberapa penyebab alergi yang dapat disekitar kita. Terkadang hal ini tidak kita sadari, setelah terjadi alergi baru kita mengetahui bahwa kita mengalami alergi akan beberapa hal diatas.

0 comments:

Poskan Komentar

Share