15 Mar 2013

Langkah Mudah Menghilangkan Stres




Dalam menjalankan rutinitas sehari-hari kita sering dihadapkan dengan tantangan dan hambatan yang dapat menyebabkan timbulnya stres yang berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Untuk dapat melepaskan dari stres ini kita perlu melepaskan diri dari rutinitas dan berbagai kegiatan yang dapat menyebabkan stres. Ada beberapa cara untuk menghilang stres, kita dapat memulai dengan cara mudah untuk menghilangkan stres dan kepenatan akibat rutinitas.


Berikut ini tips kesehatan untuk hilangkan stres dengan mudah.
1. Bernapas dalam
Menarik napas dalam dapat mengurangi stres dan membuat relaks. Cobalah menarik napas dalam-dalam dan buang lebih perlahan. Ketika kita stres kita cenderung bernapas lebih cepat dan pendek. Bila memungkin anda bisa lakukan yoga / meditasi, bernapas menggunakan otot perut ( bukan dada ) ambil napas dalam-dalam dan buang perlahan.

2. Berjalan-jalan
Duduk terus dikantor selama berjam-jam dan pekerjaan yang membuat banyak stres dan tidak baik untuk kesehatan. Luangkan waktu beberapa menit untuk berjalan-jalan ( sekedar ambil air minum ). Dengan berjalan akan mengurangi tingkat stres dan baik juga untuk kesehatan.

3. Pijat Telinga
Telinga memiliki titik-titik refleksi yang dapat merefleksikan tubuh. Dengan memijat telinga membantu melepaskan endorfin ( hormon alami yang dapat menyebabkan efek nyaman ) diotak dan membuat kita lebih relaks. Gosok dengan lembut menggunakan ibu jari dan telunjuk sepanjang alur jalan telinga keatas.

4. Bicara
Bicarakan masalah anda dengan orang yang anda percaya, sahabat, kekasih, keluarga. Diskusikan dengan mereka tentang masalah yang terjadi mungkin mereka dapat menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, disaat kita sudah tidak dapat berpikir. Jangan menyembunyikan masalah sendiri, hal ini akan membuat kita makin stres.

5. Relaks
Pada saat kita terlambat, kita cenderung panik dan terburu-buru dan hal ini membuat tegang dan stres. Mulailah pagi anda lebih relaks, hirup napas dalam dan bernapas dengan tenang.

6. Dengarkan Musik
Musik salah satu cara ampuh untuk mengurangi stres. dengarkan musik favorit atau lagu yang dapat membuat tenang. Musik memiliki efek luar biasa untuk meringankan stres dan memiliki efek baik untuk otak manusia.

7. Berlibur.
Ya, betul! Berliburlah ketempat yang kita sukai. Dengan berlibur sejenak kita lupakan rutinitas dan kepenatan yang membuat kita stres. Berlibur dengan sahabat, kekasih atau keluarga membuat kita semakin menikmati liburan.

Stres memang hal yang tidak dapat hindari dalam keseharian kita, tetapi bila kita bisa mensiasatinya kita dapat menjalani lebih nyaman dan fun. Dengan pikiran yang tenang dan positif segala masalah terjadi pasti dapat diselesaikan dengan mudah. -db-
source: tips dan artikel

0 comments:

Posting Komentar

Share